Lappa Laona, Lasonrai, dan Padang Indah. Rekomendasi Wisata Alam Kabupaten Barru

hay sobat, khusus untuk kamu ada rekomendasi tempat wisata alam yang nggak kalah menarik nih di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. 

Kabupaten Barru adalah salah satu Kabupaten yang berada pada pesisir barat Propinsi Sulawesi Selatan. Karena letaknya diantara laut dan pegunungan menjadikan Kabupaten Barru memiliki berbagai destinasi wisata alam yang melimpah, maka jika ingin atau sedang berada di Kabupaten Barru, jangan lupa singgah dan berkungjung ke tempat wisatanya yah. 

1.    Lappa Laona

    Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tempat ini tepat berada pada perbatasan kabupaten Barru dan Soppeng.

    Selain bisa menikmati indahnya senja dan panorama Kabupaten Barru, kita juga dimanjakan dengan pemandangan padang yang luas, diperjalanan menuju lokasi kita akan menjumpai pohon pinus yang berbaris tegak di pinggir jalan, biasanya juga ada beberapa pengunjung yang sengaja singgah untuk berfoto atau bahkan mendirikan tenda jika di lokasi tujuan tidak memungkinkan untuk mendirikan tenda. Biasanya dimusim kemarau angin bertiup kencang dan ada beberapa yang memilih untuk mendirikan tenda di tempat pohon pinus. Disaat-saat tertentu pula, bagi pengunjung yang beruntung akan mendapati kabut tebal dan awan yang berjalan seperti negeri di atas awan.

    Bagi orang-orang yang tidak kuat atau mager untuk mendaki tapi ingin menikmati suasana pegunungan dataran tinggi, Lappa Laona menjadi pilihan terbaik karena tempat ini dapat diakses menggunakan sepeda motor dan roda empat sampai ketujuan. Untuk memasuki tempat ini kita akan dikenai biaya yang relative murah. Pengunjung juga telah disediakan fasilitas kezebo, flying fox, musolah dan kafe yang berada tepat di area parkir kendaraan.

 

2.    Pantai Lasonrai 

 

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya adalah Pantai Lasonrai, berbeda dengan tempat sebelumya, kali ini kita akan disuguhkan panorama laut indah yang dipadu dengan pasir putih. Keindahan laut tidak sampai disitu, karena letak pantai tesebut yang tepisah dari pemukiman warga, kita akan mampu menikmatinya dengan suasana yang tenang.

Fasilitasnyapun cukup lengkap, mulai dari rumah yang menyediakan aneka jenis makanan berat dan ringan, toilet, tempat sholat, bahkan menyediakan penyewaan perahu jika berminat ingin berkeliling menggunkan perahu. Pantai Lasonrai ini berlokasikan di Dusun Ujunge, Desa Batu Pute, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulsel. Pantai Lasonrai ramai pengunjung di hari weekend. Biasanya juga, Pantai Lasonrai menjadi pilihan jika ingin ngecamp dengan suasana laut malam yang tenang.

Di pantai Lasonrai dibebaskan untuk membawa makanan atau membuat kegiatan seperti RAKER organisasi atau piknik keluarga yang terpenting adalah pengunjung tetap menjaga kebersihan pantai. Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5000/orang. Pengunjung juga akan disuguhkan berbagai macam spot foto yang keren.      

        3. Padang Indah 


Tempat wisata ini terletak di Dusun Allepereng, Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. Selain disebut Padang Indah Barru, tempat ini juga sering disebut Padang Indah Allepereng, atau Padang Indah Bacu-bacu. Kurang lebih 1 jam dari Pusat Kota Barru.

Akses menuju tempat ini terbilang cukup menantang dengan jalur tanah liat yang menanjak dan sangat licin jika kalian berkungjung di musim hujan. Pengunjung perlu berjalan kaki untuk masuk ke kawasan Puncak Padang Indah sekitar 100 meter. Untuk biaya masuknya gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali. 

Berbeda dengan Lappa Laona, di Padang Indah justru tidak memiliki fasilitas maka dari itu jika ingin ngecamp kita perlu mencari sumber air atau membawa air sendiri.

Walaupun bersebelahan dengan Lappa Laona, Padang Indah masih lebih terjaga kealamian alamnya. Di Padang Indah kita akan disuguhkan dengan pemandangan Padang yang lebih luas dan indah apalagi jika kalian berkunjung di waktu yang tepat, kalian akan mendapati padang seperti karpet hijau yang membentang sangat luas sejauh mata memandang, ada banyak spot yang bisa digunakan sebagai tempat menikmati pemandangan. Bagi pecinta sunset dan sunrise, Padang Indah juga menjadi salah satu opsi tempat yang keren loh untuk dikunjungi.

Bagaimana, tertarik berkunjung? 






Komentar

Postingan Populer